Saturday, 13 February 2016

TUGAS RPP PERENCANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN AKUNTANSI | RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN EKONOMI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA NEGERI 5 MAKASSAR
Mata Pelajaran             : Ekonomi
Kelas/Semester                        : XI/Gasal
Materi Pokok               : Pertumbuhan Ekonomi
Alokasi Waktu                         : 4 X 45 Menit (2 Kali Pertemuan)
Pertemuan Ke-             : 4 – 5

A.     Kompetensi Inti
KI 1           :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2           :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3           : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemenusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4           :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Anda menemukan yang anda cari? jika iya, Bantu kami, KLIK salah satu iklan yang ada di blog ini

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
2.1  bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
3.1  mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengetasinya.
Indikator :
3.1.10 menjelaskan pengertian pertumbuhan ekonomi
3.1.11 Membedakan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
3.1.12 menghitung laju pertumbuhan ekonomi
3.1.13 menjelaskan pentingnya pertumbuhan ekonomi
3.1.14 menjelaskan teori pertumbuhan ekonomi
4.1  Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya.
Indikator :
4.1.3 Menemukan 3 masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi.
4.1.4 Memberikan solusi terhadap masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi

C.      Tujuan Pembelajaran
  1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian pertumbuhan ekonomi dengan bahasanya sendiri melalui pemaparan materi oleh guru.
  2. Siswa dapat membedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dengan tepat melalui diskusi kelompok kecil. 
  3. Siswa dapat menghitung laju inflasi dengan benar melalui penjelasan guru dan latihan soal.
  4. Siswa dapat menjelaskan pentingnya pertumbuhan ekonomi dengan tepat melalui kajian buku teks ekonomi.
  5. Siswa dapat menjelaskan teori pertumbuhan ekonomi dengan benar melalui penjelasan guru.
  6. Siswa dapat menemukan 3 masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi dengan tepat melalui studi kasus.
  7. Siswa dapat memberikan solusi terhadap masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi dengan kritis melalui analisis kasus.
D.      Materi Pembelajaran (Uraian Terlampir)
1.      Pengertian pertumbuhan ekonomi
2.      Perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
3.      Cara mengukur pertumbuhan ekonomi
4.      Pentingnya pertumbuhan ekonomi
5.      Teori pertumbuhan ekonomi

E.      Metode Pembelajaran
·         Pendekatan      : Saintifik
·    Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
·    Model             : Cooperative Script, Problem Solving

F.       Alat, Media dan Sumber Belajar 
·         Alat                   : Spidol, White Board, Penghapus, LCD, Laptop
·         Media              : Power Point, LKS (Lembar Kerja Siswa)
·         Sumber Belajar: a)  Purwanti, S.Pd. 2013. Win-win Solution Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Widyatama Hal 154-158
b) Wicaksono Erick, dkk. 2013. Ekonomi SMA Kelas XI. Edisi Pertama. Yudhistira 14-19 G.

G.    Skenario Pembelajaran
1.   Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I (2 x 45 menit)
 Indikator       :  3.1.10 Menjelaskan pengertian pertumbuhan ekonomi.
3.1.11 Membedakan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.
3.1.12 Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
3.1.13 Menjelaskan pentingnya pertumbuhan ekonomi.

KBM
Waktu
(menit)
Nilai karakter yang dikembangkan
A.
Pendahuluan



·      Guru membuka pelajaran dengan salam, meminta salah satu siswa memimpin do’a, mengecek kehadiran siswa dan menyiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
·      Guru menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran. 
·      Pre Test Guru bertanya “Apa yang kalian ketahui tentang pertumbuhan ekonomi?” 
·      Guru memberikan beberapa gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Guru menyampaikan metode dan model pembelajaran Cooperative Script yang akan dilaksanakan.
Langkah-langkah:
1.   Guru membagi siswa untuk berpasangan.
2.   Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.   Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4.   Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.   Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
6.   Kesimpulan guru.
7.   Penutup.
15’  
Disiplin
Tanggung jawab
B.
Kegiatan Inti



·      Mengamati Siswa membaca materi yang telah dibagi dan membuat ringkasan tentang materi pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, laju pertumbuhan ekonomi dan pentingnya pertumbuhan ekonomi.
·      Siswa menanyakan materi yang belum dipahami kepada guru.
·      Mengeksplorasi dan Mengasosiasi Siswa mencari data dan informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi ringkasan yang telah dibuat berdasarkan buku teks ekonomi kelas XI.
·      Mengkomunikasi Siswa mempresentasikan hasil ringkasan kepada pasangannya secara bergantian.
·      Guru memberikan konfirmasi dari penjelasan materi oleh siswa.
60’
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai
Keterampilan
Mandiri dan percaya diri
C
Penutup



·      Guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan memberikan soal kuis. 
·      Kesimpulan dan Refleksi Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan mereleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·      Tindak Lanjut Guru menyampaikan judul materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas kepada siswa untuk mencari artikel tentang pertumbuhan ekonomi.
·      Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
15’
Disiplin
Tanggung jawab

2.      Pertemuan II (2 x 45 menit)
Indikator    :     3.1.14  Menjelaskan teori pertumbuhan ekonomi.
                        4.1.3    Menemukan 3 masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi.
4.1.4   Memberikan solusi terhadap masalah yang menghambat laju pertumbuhan ekonomi.
KBM
Waktu (Menit)
Nilai karakter yang dikembangkan
A
Pendahuluan



·      Guru membuka pelajaran dengan salam, meminta salah satu siswa memimpin do’a, mengecek kehadiran siswa dan menyiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
·      Guru menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran. 
·      Pre Test Guru bertanya “Apa yang kalian ketahui tentang pertumbuhan ekonomi?” 
·      Guru memberikan beberapa gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Guru menyampaikan metode dan model pembelajaran Cooperative Script yang akan dilaksanakan.
 Langkah-langkah:
1.   Guru membagi siswa untuk berpasangan.
2.   Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.   Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4.   Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.   Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
6.   Kesimpulan guru.
7.   Penutup.
15 ‘
Disiplin
Tanggung jawab
B
Kegiatan Inti



·   Mengamati Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang teori pertumbuhan ekonomi dan menyimak buku teks ekonomi kelas XI.
·   Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi yang belum dipahami.
·   Mengeksplorasi dan Mengasosiasi Siswa diminta untuk menganalisi artikel yang telah ditugaskan tentang pertumbuhan ekonomi berdasarkan materi yang disampaikan oleh guru maupun informasi dan data dari berbagai sumber
·   Siswa mempresentasikan hasil analisisnya secara bergantian dan ditanggapi oleh siswa yang lain.
·   Guru memberikan konfirmasi dari setiap jawaban siswa.
60’
Disiplin
Tanggung jawab
Menghargai
Keterampilan
Mandiri dan percaya diri

C
Penutup



·   Evaluasi Guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan memberikan soal tanya jawab secara lisan.
·   Kesimpulan dan Refleksi Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan merefleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·   Tindak Lanjut Guru menyampaikan judul materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan memberikan tugas kepada siswa untuk mencari artikel tentang masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang.
·   Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
15’
Disiplin
Tanggung jawab

  1.  Evaluasi
1.        Prosedur Evaluasi :
·      Tanya Jawab
·      Presentasi
·      Kuis
2.       Aspek yang dinilai :
a)       Afekti             :   Sikap peserta didik ketika guru menjelaskan materi.
                             Sikap peserta didik ketika presentasi.
                             Sikap peserta didik ketika teman menyampaikan pendapat.
b)       Kognitif          :   Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan.
                             Kemampuan peserta didik dalam presentasi.
                             Kemampuan peserta didik mengerjakan soal.
c)          Psikomotor     : Ketrampilan peserta didik dalam mencari dan mengumpulkan   informasi dan data.
3.       Alat Penilaian :
a)         Soal tertulis         : guru memberikan tugas pada lembar tugas.
b)         Soal non tertulis : guru memberikan beberapa pertanyaan secara lisan kepada peserta didik.
4.       Instrumen Evaluasi  (terlampir)
5.       Teknik Penskoran (terlampir)



                                                                                                            Makassar, 6 Desember 2014
                                                                                                                        Mahasiswa,



                                                                                                                     Novita Sabrina
                                                                                                                  Nim. 1292041024


 
LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
·         Pertemuan I
a.       Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu keadaan yang menunjukkan adanya peningkatan Produk Domestik Bruto suatu negara tanpa memperhatikan tingkat pertumbuhan penduduk. Jika pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada perubahan-perubahan kuantitatif, pembangunan ekonomi menekankan pada unsur kualitatif.
b.      Perbedaan Pembagunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Pembangunan Ekonomi Ditandai dengan kenaikan GNP = Gross National Product, tidak disertai dengan perubahan struktur ekonomi. Kenaikan GNP disertai perubahan struktur ekonomi. Tidak memperhatikan tingkat pemerataan dan kesejahteraan masyarakat. Memperhatikan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kenaikan GNP tidak disertai kemajuan IPTEK Ditandai dengan kemajuan IPTEK
c.       Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan rumus:
Pertumbuhan ekonomi = PDRBit – PDRB it-1/PDRBit-1 x 100%
d.      Pentingnya Pertumbuhan Ekonomi
1)      Pertumbuhan ekonomi menunjang peningkatan kesejahteraan
2)      Pertumbuhan ekonomi mendukung perluasan kesempatan kerja
3)      Pertumbuhan ekonomi membantu memperbaiki distribusi pendapatan
4)      Persiapan bagi tahapan kemajuan selanjutnya Pertemuan II
e.       Teori Pertumbuhan Ekonomi
1)       Teori Jumlah Penduduk Optimal Teori ini telah sangat lama dikembangkan oleh kaum klasik. Menurut teori ini, berlakunya hukum hasil lebih yang semakin menurun menyebabkan tidak semua penduduk dapat dilibatkan dalam proses produksi. Jika dipaksakan, justru akan menurunkan tingkat output perekonomian.
2)      Teori Pertumbuhan Neo Klasik teori ini dikembangkan oleh Solow dan merupakan penyempurnaan teori-teori klasik sebelumnya. Fokus pembahasan teori pertumbuhan neo klasik adalah akumulasi stok barang modal dan keterkaitannya dengan keputusan masyarakat untuk menabung atau melakuakn investasi.
Asumsi-asumsi model Solow antara lain adalah:
a)       Tingkat teknologi dianggap konstan (tidak ada kemajuan teknologi)
b)      Tingkat depresiasi dianggap konstan
c)      Tingkat ada perdagangan luar negeri atau aliran keluar masuk barang modal
d)     Tidak ada sektor pemerintah
e)      Tingkat pertambahan penduduk (tenaga kerja) juga dianggap konstan
f)       Untuk mempermudah analisis, dapat ditambahkan asumsi bahwa seluruh penduduk bekerja sehingga jumlah penduduk = jumlah tenaga kerja.
3)      Teori Schumpeter Schumpeter berpandangan bahwa pertumbuhan ekonomi sangat ditentukan oleh kemampuan kewirausahaan. Sebab, para pengusahalah yang mempunyai kemampuan dan keberanian mengaplikasikan penemuan-penemuan baru, dalam aktiviatas produksi. Langkah-langkah pengaplikasian penemuan-penemuan baru dalam dunia usaha merupakan langkah inovasi. Termasuk dalam langkah-langkah inovasi adalah penyusunan teknik tahap produksi serta masalah organisasi manajemen, agar produk yang dihasilkan dapat diterima pasar.
4)      Teori Harrod-Domar Teori Harrod Domar dikembangkan secara terpisah dalam periode yang bersamaan oleh Evsey Domar dan Roy Forbes Harrod. Keduanya melihat pentingnya investasi terhadap pertumbuhan ekonomi, sebab investasi akan meningkatkan stok barang modal, yang memungkinkan peningkatan output. Sumber dana domestik untuk keperluan investasi berasal dari bagian produksi (pendapatan nasional) yang ditabung
·         Pertemuan II
Tahun 2013 Ekonomi Indonesia Hanya 5,78 Persen Rabu,5 Februari 2014 | 12:21 WIB JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia terus turun. Setelah mencapai pertumbuhan ekonomi 6,5 persen pada 2011, dan 6,23 persen pada 2012, pertumbuhan ekonomi 2013 berada dibawah 6 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2013 sebesar hanya 5,78 persen. Angka tersebut turun dibandingkan sepanjang 2013 sebesar 6,23 persen. Kepala BPS Suryamin memaparkan, pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2013 sebesar 5,72 persen, atau mengalami penurunan 1,42 persen dibanding kuartal III-2013. "Triwulan empat ini dari pengalaman selalu lebih rendah dibanding triwulan tiga setiap tahunnya," kata Suryamin, di Kantor BPS, Rabu (5/2/2014). Kendati mengalami penurunan, Suryamin mengatakan ekspor pada triwulan IV- 2013 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hal ini disebabkan negara- negara yang tadinya terdampak krisis global seperti China dan Amerika Serikat mulai pulih. Bakan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang tadinya diprediksikan hanya 1,6 persen, realisasinya 1,9 persen. "Ini artinya perekonomian global berdampak pada ekonomi kita, terutama untuk ekspor dan sektor lain seperti wisatawan mancanegara," terang dia. Lebih lanjut dia mengatakan, pertumbuhan terjadi di semua sektor ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi di sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 10,19 persen, dengan nilai Rp 292,4 triliun. Berturut-turut disusul sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan dengan pertumbuhan 7,56 persen, dengan nilai Rp 272,1 triliun. Sektor ketiga yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah konstruksi, di mana mencatat pertumbuhan 6,57 persen dengan nilai Rp 182,1 triliun. Sementara itu pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian tercatat paling kecil sebesar 1,34 persen dengan nilai Rp 195,7 triliun. "Gadget membuat pertumbuhan signifikan di sektor komunikasi menjadi paling tinggi. Pembangunan real estate positif, demikian juga dengan lembaga keuangan. Konstruksi tumbuh positif karena ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dari tahun ke tahun. Terutama yang dilakukan pemerintah dalam rangka MP3EI," jelas Suryamin. Sedangkan jumlah total produk domestik bruto (PDB) sepanjang 2013 adalah Rp 9.084 triliun Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB). Sedangkan PDB Atas Dasar Harga Konstan (tahun 2000) adalah Rp 2.770,3 triliun. Untuk kuartal-IV 2013 sendiri PDB ADHB sebesar Rp 2.367,9 triliun, dan ADHK sebesar Rp 699,9 triliun. Angka ini naik dibanding kuartal-IV 2012, dimana PDB ADHB sebesar Rp 2.092,4 triliun, dan ADHK sebesar Rp 662,1 triliun. Soal: Berikan analisis pada artikel diatas! Apakah yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi turun padahal ekspor mengalami peningkatan?

LAMPIRAN 2
INSTRUMEN EVALUASI
·         Pertemuan I
1.       Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana terjadi kenaikan PDB tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat…………... (Pertumbuhan Penduduk)
2.       Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan ………….. (PDB (Produk Domestik Bruto))
3.       Pertumbuhan ekonomi mementingkan kenaikan PDB tanpa memperhatiakan perbaikan ……….. (Perbaikan Kelembagaan)
4.        Pada pembangunan ekonomi, kenaikan PDB disertai dengan upaya pemerataan pendapatan dan ………….. (Kesejahteraan Masyarakat)
5.       Pertumbuhan ekonomi sebagai ……………pembangunan ekonomi. (hasil atau tujuan)
6.       Pembangunan ekonomi dijadikan sebagai alat untuk mencapai ………… (Pertumbuhan Ekonomi)
7.       Pembangunan nasional harus mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan negara terutama persolan ………… dan ………… (Kemiskinan, Ketenagakerjaan)
8.       Tujuan jangka panjang pembangunan nasional adalah mewujudkan suatu masyarakat yang ………….. dan ……………. (Adil dan Makmur)
9.        Tujuan jangka pendek pembangunan nasional adalah meningkatkan taraf hidup, kecerdasan, dan …………….. (Kesejahteraan Masyarakat)
10.   Sebutkan salah satu perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi jika ditinjau dari segi pendapatan masyarakat! (Pembangunan ekonomi ada upaya pemerataan pendapatan masyarakat sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak ada upaya pemerataan pendapatan masyarakat)

·         Pertemuan II
Soal   : Berikan analisis pada artikel diatas! Apakah yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi turun padahal ekspor mengalami peningkatan?

LAMPIRAN 3
TEKNIK PENILAIAN
1. Aspek Afektif
a. Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
Nilai yang diperoleh
keterangan
Skor 1- 4
1.
Mensyukuri sumberdaya sbg karunia Tuhan YME dalam pembangunan ekonomi.


2.
Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi


3.
Tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok


4.
Menghargai pendapat orang lain



Total nilai yang diperoleh



b. lembar penilaian sikap siswa saat pembelajaran
No.
Aspek yang Dinilai
Nilai yang diperoleh
Keterangan
Skor 1- 4
1.
Memperhatikan penjelasan guru


2.
Aktif bertanya


3.
Aktif menjawab


4.
Berpartisipasi dalam diskusi/ pembelajaran



Total nilai yang diperoleh



Keterangan :
Skor 1 : kurang                                               Skor 2 : cukup
Skor 3 : baik                                                    Skor 4 : baik sekali
Nilai     : Nilai Perolehan/Nilai Maksimal x 100
Konversi Nilai :  Level 0 - 100 Kualitas 3.66 – 4.00 80 – 100 Sangat baik (SB)
2.66 – 3.33 65 – 79 Baik (B)
1.66 – 2.33 40 – 64 Cukup (C)
1.00 – 1.33 0 - 39 Kurang
2. Aspek Psikomotor
a)         Penilaian projek : Menilai tugas mencari artikel tentang masalah yang menghambat pertumbuhan ekonomi.
b)         Penilaian produk : Menilai hasil analisis artikel tentang masalah yang menghambat pertumbuhan ekonomi beserta solusi yang dikemukakan
3.   Aspek Kognitif
Aspek yang dinilai  : Kecepatan menjawab pertanyaan
                                  Ketepatan menjawab pertanyaan
                                  Kelengkapan menjawab pertanyaan

 Skor           :   Skor 1 : kurang        Skor 2 : cukup                         Skor 3 : baik
     Skor ideal   : 45 Nilai = x 100 Skor Bobot Nilai (skor x bobot)



 TUGAS

PERENCANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN AKUNTANSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

PERTUMBUHAN EKONOMI

No comments:

Post a Comment