ASPEK
PASAR dan PEMASARAN DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS
Pengertian
Pasar
• Tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli, atau saling bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk
suatu harga
• Suatu kelompok orang yang
diorganisasikan untuk melakukan tawar menawar, sehingga terbentuk harga
• Kumpulan
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan
kemauan untuk membelanjakannya. Sehingga ada 3 faktor utama penunjang
terjadinya pasar : orang dengan keinginannya, daya belinya, dan tingkah laku pembeliannya। [Stanton]
Anda menemukan yang anda cari? jika iya, Bantu kami, KLIK salah satu iklan yang ada di blog ini
Pengertian Permintaan dan Penawaran
Pengertian Permintaan dan Penawaran
- Permintaan : jumlah barang yang dibutuhkan
konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga.
- Penawaran : berbagai
kuantitas barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga. Dapat dipengaruhi
oleh : harga barang-barang lain, biaya faktor produksi, tujuan
perusahaan dan tingkat teknologi।
• Pasar
Persaingan Sempurna :
jumlah produsen banyak dan
kecil-kecil, tingkat persaingan tinggi, produsen dan konsumen dapat menjual dan
membeli berapa saja tanpa ada batasan।
Bentuk
Pasar Produsen
• Pasar Monopoli : jumlah produsen atau penjual
tunggal, tidak ada barang substitusi, harga dikendalikan oleh produsen atau
penjual.
• Pasar Oligopoli : perluasan dari pasar monopoli,
penjual dan pembeli sedikit, harga dan jumlah barang yang diproduksi atau
dijual ditentukan oleh penjual yang sedikit secara bersaing.
• Pasar
Persaingan Monopolistik :
bentuk campuran antara persaingan sempurna dengan monopoli, ada kebebasan
penjual keluar masuk pasar, barang yang dijual tidak homogen, tapi dimiliki
oleh beberapa penjual saja।
Bentuk Pasar Konsumen
• Pasar Konsumen : pasar barang dan jasa yang dibeli
atau disewa oleh perorangan untuk keperluan pribadi
• Pasar Industri : pasar barang dan jasa yang dibeli
atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan pada produksi
barang dan jasa lain, baik untuk dijual maupun untuk disewakan.
• Pasar Penjual
Kembali (Reseller) : pasar yang terdiri dari perorangan dan/atau organisasi (pedagang menengah
= dealer, distributor, grossier, agent, dan retailer).
• Pasar
Pemerintah : pasar yang
terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli dan menyewa barang atau jasa
untuk keperluan pemerintah.
Mengukur
Pasar Saat ini
- Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini
- Total Permintaan Pasar
- Wilayah Permintaan Pasar
- Penjualan Aktual & Pangsa Pasar (Market Share)
- Meramal Permintaan Mendatang
- Survei Niat Pembeli
- Pendapat Wiraniaga
- Pendapat Para Ahli
- Analisis Regresi
- Analisis Trend
- Analisis Rantai Markov
Segmentasi,
Targeting and Positioning
- Segmentasi Pasar : didasarkan pada aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
- Target Pasar : memilih segmen pasar yang dapat dijadikan target pasar (menarik dan prospektif).
- Positioning : memilih posisi dalam segmen pasar yang dipilih dengan melakukan identifikasi keunggulan kompetitif, memilih keunggulan kompetitif, mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi.
Sikap,
Prilaku dan Kepuasan Konsumen
- Sikap Konsumen
- Karakteristik Sikap
- Sumber Sikap
- Fungsi Sikap
- Komponen Sikap
- Perilaku Konsumen
- Perilaku kasat mata : jumlah & waktu pembelian, karena siapa dan dengan siapa, bagaimana melakukan pembelian.
- Perilaku tidak kasat mata : persepsi, ingatan terhadap informasi, dan perasaan kepemilikan oleh konsumen
- Kepuasan Konsumen
Manajemen Pemasaran
· Analisis Persaingan
- Mengidentifikasi Pessaing
- Menentukan Sasaran Pesaing
- Mengidentifikasi Strategi Pesaing
- Menilai Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
- Mengestimasi Pola Reaksi Pesaing
- Memilih Pesaing
· Bauran Pemasaran Produk Barang
- Kebijakan Produk (product)
- Kebijakan Harga (price)
- Kebijakan Distribusi (place)
- Kebijakan Promosi (promotion)
· Bauran Pemasaran Produk Jasa : selain 4
P yang ada ditambah lagi 3 elemen yaitu orang (people), bukti
fisik (physical evidence) dan proses jasa itu sendiri (process).
Aspek pasar dan pemasaran è Berkaitan
dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu
proyek tersebut :
• Potensi pasar
• Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai
keinginan atau hasrat untuk membeli.
Tentang
perkembangan/pertumbuhan penduduk :
• Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang
mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan
permintaan masa lalu, dll.
• Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan
untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar
pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
Aspek
pasar dan pemasaran mempelajari tentang:
· Permintaan,
secara total atau terinci menurut daerah, jenis konsumen, perusahaan besar
pemakai, proyeksi permintaan
· Penawaran,
dalam negeri dan impor, perkembangan di masa lalu dan perkiraan di masa datang,
faktor yang mempengaruhi penawaran
· Harga,
perbandingan dengan barang impor, produksi dalam negeri lain, kecenderungan
perubahan harga dan polanya
· Program pemasaran, strategi pemasaran (marketing mix), siklus
kehidupan produk
· Perkiraan penjualan dan market share yang bisa dikuasai.
Analisa
pasar penting untuk memperkirakan berapa penjualan yang bisa dicapai oleh
perusahaan.
Analisis
aspek pemasaran è
Dalam analisis pasar ada beberapa
komponen yang harus dianalisis dan dicermati, di antaranya :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen;
- Segmentasi pasar
- Target;
- Nilai tambah;
- Masa hidup produk;
- Struktur pasar
- Persaingan dan strategi pesaing
3. ASPEK TEKNIS
Hal-halyang
perludiperhatikan:
a.
Lokasibisnis,
yaitudimanasuatubisnis akan dirikan baik untuk pertimbangan pabrik atau bukan
pabrik.Variabel yang utama :
·
Ketersediaan bahan
mentah( jumlah kebutuhan bahan mentah satu periode dan selama investasi)
-
kelayakan harga bahan
mentah (sekarang dan yang akan datang)
-
Kapasitas, kualitas dan
kontinuitas
-
Biaya pengangkutan
·
Letak
pasar yang dituju
·
Tenaga
listrik dan air
·
Supply
tenaga kerja (terdidik/tidak terdidik)
berkaitan dengan kuantitas, kualitas dan
biaya tenaga kerja
·
Fasilitas
transportasi berkaitan dengan bahan mentah dan
pasar yang dituju (kondisi jalan, alat transportasi dll)
Variabel
sekunder :
Hukum
dan peraturan yang berlaku (Indonesia, lokal, rencana lokasi)
Variabelsekunder:
-
Iklimdankeadaantanah(fisik)
-
Sikapdarimasyarakat(mendukungatautidak)
-
Rencanamasadepanperusahaan(adakahrencanauntukperluasanusaha?)
b.
Seberapabesarskalaoperasi/luasproduksiditetapkanuntukmencapaiskalaekonomi
Yaitujumlahprodukyang
seharusnyadiproduksiuntukmencapaikeuntunganoptimal
Ditentukanoleh:
-
Batasanpermintaan
-
Tersedianyakapasitasmesin-mesin
-
Jumlahdankemampuanpengelolaprosesproduksi
-
Kemampuanfinansialdanmanajemen
-
Kemungkinanadanyaperubahanteknologi
c.
Kriteriapemilihanmesindanequipmentutamasertaalatpembantumesindanequipment
Alatanalisis:
-
PendekatankonsepMC
danMR
-
PendekatanBEP
-
MetodeLinier Programming
d.
Bagaimanaprosesproduksidilakukandanlayoutpabrik dipilih(bangunandanfasilitaslain)
Dikenal
adanya 3 jenis proses produksi yaitu
:
1.
proses produksi yang terputus-putus (intermiten),contoh : budidaya tanaman
semusim
2.
kontinu (menggunakan mesin-mesin dengan teknologi yang lebih baik),contoh :
pengalengan nenas
3.
kombinasi
Layout
merupakan keseluruhan proses penentuan bentuk dan penempatan
fasilitas-fasilitas yang dimiliki suatu perusahaan.
Dengan
demikian pengertian layout mencakup layout site (layout lahan lokasi bisnis),
layout pabrik, layout bangunan bukan pabrik dan fasilitas-fasilitasnya.
Kriteriayang
dapatdigunakanuntukevaluasilayout khususnyapabrikantaralain :
-
Adanyakonsistensidenganteknologiproduksi.
-
Adanyaarusprodukdalamprosesyang
lancardariprosessatukeprosesyang lain.
-
Penggunaanruanganyang
optimal.
-
Terdapatkemungkinanuntukdenganmudahmelakukanpenyesuaianmaupununtukekspansi.
-
Meminimisasibiayaproduksidanmemberikanjaminanyang
cukupuntukkeselamatantenagakerja
e.
Bagaimanateknologiyang
digunakan sudah tepat ?
Patokanumumyangdapatdigunakandalampemilihanjenisteknologiadalahseberapajauhderajatmekanisasiyang
diinginkandanmanfaatekonomiyang diharapkan, disampingkriteriayang lain yakni:
-
Ketepatanjenisteknologiyang
dipilihdenganbahanmentahyang digunakan
-
Keberhasilanpenggunaanjenisteknologitersebutditempatlain
yang memilikiciri-ciriyang mendekatidenganlokasibisnis.
-
Kemampuanpengetahuanpenduduk(tenagakerja)
setempatdankemungkinanpengembangannya,
jugakemungkinanpenggunaantenagakerjaasing.
-
Pertimbangankemungkinanadanyateknologilanjutansebagaisalinanteknologiyang
akandipilihsebagaiakibatkeusangan.
Pemilihan mesin wajib mengikuti ketentuan jenis
teknologi yang telah ditetapkan, walaupun perlu juga mempertimbangkan berbagai
macam faktor non teknologis yang lain misalnya :
-
Keadaan infrastruktur
dan fasilitas pengangkutan mesin dari tempat pembongkaran pertama sampai ke
lokasi bisnis
-
Keadaan fasilitas
pemeliharaan dan perbaikan mesin dan peralatan yang ada di sekitar lokasi
bisnis
-
Kemungkinan memperoleh
tenaga ahli yang akan mengelola mesin dan peralatan tersebut
Secaraumumdigolongkansebagaiberikut:
1.
Mesinpabrik
2.
Peralatanmekanik
3.
Peralatanelektronik
4.
Peralatanangkutan
5.
Peralatanlainnya
ini hasil tulisan sendiri atau berasal dari buku ya? jika dari buku, tolong cantumkan. terima kasih :)
ReplyDelete