Tuesday 18 February 2014

Tugas Makalah Ekonomi Pembangunan | KETAHANAN NASIONAL PADA ASPEK EKONOMI

KETAHANAN NASIONAL PADA ASPEK EKONOMI
(Tugas, Makalah, Ekonomi)

1.       Perekonomian secara umum
Secara umum, bisa dibilang bahwa ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.

2.       Perekonomian di Indonesia
Indonesia merupakan salah satu ekonomi yang cukup stabil untuk investasi dan berbisnis. Setelah diterpa krisis ekonomi pada 1998, perekonomian Indonesia perlahan menunjukkan peningkatan. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada periode 2004-2009 dalam harga konstan. Pertumbuhan ekonomi pada 1999 amat rendah, yaitu 0,85%, perlahan merangkak naik sampai 6,28% di tahun 2007 namun turun kembali menjadi 4,5% pada tahun 2009 karena adanya krisis finansial global yang dimulai akhir 2008. Akan tetapi,
dengan semakin baiknya pondasi ekonomi dan keuangan di Indonesia, krisis tersebut tidak menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan sebagaimana yang terjadi kepada Negara-negara tetangga di Asia Tenggara.
Sebagian besar keberhasilan ekonomi Indonesia adalah berkat pengelolaan fiskal atau keuangan negara yang baik, dengan fokus pada penurunan beban hutang. Rasio hutang Indonesia terhadap PDB menurun terus dari 83% di tahun 2001 hingga 29% pada akhir tahun 2009; ini merupakan angka terendah di antara negara ASEAN, kecuali Singapura yang tidak memiliki hutang pemerintah. Menurut Standard & Poor, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk pengelolaan neraca fiskal terbaik di antara negara-negara di wilayah Asia-Pasifik.Dilihat dari perekonomian yang stabil dan upaya reformasi yang berkelanjutan, maka Indonesia merupakan sebuah kekuatan besar yang sedang berkembang di Asia dan menjadi salah satu tujuan investasi yang menjanjikan.
3.       Ketahanan pada aspek ekonomi
Perekonomian:
a.        Aspek kehidupan nasional yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat meliputi: produksi, distribusi, dan konsumsi barang-barang jasa.
b.       Usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara individu maupun kelompok, serta cara-cara yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat untuk memenuhi kebutuhan.
Sistem perekonomian yang diterapkan oleh suatu negara akan memberi corak terhadap kehidupan perekonomian negara yang bersangkutan. Sistem perekonomian liberal dengan orientasi pasar secara murni akan sangat peka terhadap pengaruh-pengaruh dari luar, sebaliknya sistem perekonomian sosialis dengan sifat perencanaan dan pengendalian oleh pemerintah kurang peka terhadap pengaruh-pengaruh dari luar.
Perekonomian Indonesia = Pasal 33 UUD ‘45
Sistem perekonomian sebagai usaha bersama berarti setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam menjalankan roda perekonomian dengan tujuan untuk mensejahterakan bangsa. Dalam perekonomian Indonesia tidak dikenal monopoli dan monopsoni baik oleh pemerintah/swasta. Secara makro sistem perekonomian Indonesia dapat disebut sebagai sistem perekonomian kerakyatan.
Wujud ketahanan ekonomi tercermin dalam kondisi kehidupan perekonomian bangsa yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing tinggi dan mewujudkan kemampuan rakyat.



Untuk mencapai tingkat ketahanan ekonomi perlu pertahanan terhadap berbagai hal yang menunjang, antara lain:
a.        Sistem ekonomi Indonesia harus mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata.
b.       EkonomiKerakyatanMenghindari:
-          Sistem free fight liberalism: Menguntungkan pelaku ekonomi yang kuat.
-          Sistem Etastisme: Mematikan potensi unit-unit ekonomi diluar sektor negara.
-          Monopoli: Merugikan masyarakat dan bertentangan dengan cita-cita keadilan sosial.
c.        Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang antara sektor pertanian, perindustrian dan jasa.
d.       Pembangunan ekonomi dilaksanakan sebagai usaha bersama dibawah pengawasan anggota masyarakat memotivasi dan mendorong peran serta masyarakat secara aktif.
e.       Pemerataan pembangunan.
f.         Kemampuan bersaing.
4.       Pendapat mengenai kenaikan BBM
Disini coba saya paparkan beberapa dampak positif dan negatif yang mungkin akan terjadi :
Dampak Positif :
a.        Menyelamatkan anggaran APBN. Kalau tidak dengan cara seperti itu, APBN akan membengkak.
b.       Masyarakat menjadi lebih irit karena mahalnya harga BBM.
c.        Mencegah terjadinya pemakaian yang berlebihan.
d.       Anggaran untuk subsidi akan dialihkan ke bidang lain yang lebih penting seperti pendidikan gratis, pelayanan kesehatan, dll.
e.       Jumlah konsumsi dibatasi.
f.         Mengurangi efek pemanasan global karena alat kebutuhan manusia sehari hari berdasarkan pada BBM seperti listrik, alutsista, kendaraan, dll.
g.        Muncul kreatifitas untuk membuat energi alternatif.
h.       Menghemat devisa negara.
Dampak Negatif :
a.        Dipastikan menambah pengeluaran anggaran rumah tangga. Pengeluaran itu akan bertambah untuk sektor transportasi dan untuk membeli bahan pokok kebutuhan dapur. Sementara pendapatan keuangan keluarga dalam posisi yang tetap.
b.       mendorong naiknya tingkat inflasi yang berpengaruh kepada naiknya harga barang kebutuhan pokok di masyarakat. Listrik dan air akan mengikuti kenaikan.
c.        melemahkan daya beli masyarakat dipasaran nasional, karena tidak bertambahnya penghasilan mereka kecuali kalangan pegawai negeri sipil.
d.       terhadap sektor ekonomi makro akan dirasakan dengan meningkatnya inflasi.
e.       dari sisi sosial, pengaruh dari kenaikan BBM akan memberikan dampak kemiskinan yang semakin tinggi.
f.         Secara politis, dengan terjadinya kenaikan BBM akan mengakibatkan semakin tingginya biaya politik yang harus dibayar dan semakin maraknya penyelewengan penyelenggaraan kekuasaan yang terjadi di negeri ini.

Sumber :

No comments:

Post a Comment